Cara Mengatasi kunci Kontak yang Longgar atau Los

Cara Mengatasi kunci Kontak Yang Longgar atau Los
Kunci kontak

Kunci kontak merupakan bagian penting dalam sebuah kendaraan. dengan kunci kontaklah kita gunakan untuk mengoprasikan kendaraan kita, baik itu mobil maupun motor.

Pernahkah kalian mengalami yang ketika kunci kontak sudah di posisi on, tapi anak kuncinya bisa dilepas. Seharusnya tidak bisa dilepas kan, kalau itu terjadi artinya kunci kontaknya sudah mulai aus di bagian anak kuncinya.

Hal ini biasa terjadi karena usia pemakaian, jadi sebaiknya lakukan perbaikan dan jangan dibiarkan. Takutnya kuncinya terlepas saat kita pakai berkendara.

Cara mengatasi masalah kunci kontak yang longgar atau los

Lakukan beberapa cara di bawah ini:

1. Bikin Duplikat Kunci

Kalian tinggal pergi ke tukang duplikat kunci untuk membikin anak kunci baru, biasanya anak kunci yang los itu pada permukaan giginya itu menngalami keausan sehingga ia tidak mengigit lagi ke permukaan gigi pada rumah kunci.

Untuk biayanya sekitar 20-30 per 1 buah anak kunci.

2. Ganti 1 Set Konci Kontak

Jika memakai cara menduplikat anak kunci masih los juga maka lakukanlah penggantian 1 set langsung kunci kontaknya. untuk harga kunci kontak yang ori lumaian mahal, macam milik New Jupiter MX itu harganya sekitar 250 ribu, kalau yang KW nya biasanya sih murah saja sekitar 100 ribuan.

3. Pakai Karet Pengaman Tabung Gas 3kg

Mungkin cara yang ke-3 ini merupakan cara yang murah meriah, namun tidak semua jenis kendaraan bisa menggunakan cara yang ke-3 ini ya. Seperti Jupiter MX lama itu nggak bisa menggunakan cara yang ke-3 ini ya, cara yang ke-3 ini hanya bisa digunakan seperti motor New Jupiter MX, Scoopy, Jupiter Z New dan lain lain. Intinya motor yang memiliki lubang kunci kontak yang lebih besar.

Kalian cukup menggunakan sel pengaman tabung gas 3kg saja buat mengamankan kunci kontak agar tidak lepas dari rumahnya saat posisi ON. Sel tabung gas tersebut cukup diletakkan di ermukaan lubang kunci kontaknya saja. Untuk lebih jelasnya coba lihat video di bawah ini.

Tips agar kunci kontak tidak cepat longgar

  • Lakukanlah perawatan terhadap kunci kontak, caranya cukup dikasih pelumas pada lubang kunci kontaknya. Kalian bisa gunakan WD-40 untuk melumasinya. Jangan gunakan oli bekas ya, takutnya nanti malah bikin kotor kunci kontaknya.
  • Jangan di bebani kunci kontak dengan beban yang berat ya, itu nggak dianjurkan karena itu bisa merusak gigi yang ada di kunci.
  • Kalau lagi mencuci usahakan jangan menyiram langsung ke lubang rumah kunci ya.
  • Masuk/keluar masukan anak kunci dengan posisi yang pas ya, jika keras jangan dipaksa. Biasanya kalau keras itu ank kuncinya tidak lurus lagi.
Lakukanlah tips diatas agar kunci kontak kendaraan kalian jadi lebih awet dan nggak mudah longgar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel