Teknologi Secure Key Shutter di Motor Honda

Teknologi Secure Key Shutter di Motor Honda

Secure Key Shutter

Pengertian Secure Key Shutter (SKS)

Adalah sistem pengunci yang dilengkapi dengan cover bermagnet dengan tuas penutup manual yang kuat.
Secure key shutter ini sangat praktis digunakan, sehingga akan lebih aman dari resiko pencurian.

Fungsi Secure Key Shutter (SKS)

Secure key shutter berfungsi sebagai kunci ganda bagi motor anda, sekaligus dapat mengurangi resiko pencurian. Selain itu secure key shutter ini juga berfungsi melindungi bagian lubang kunci agar terhindah dari air yang bisa menyebabkan karatan, dan juga melindungi dari debu.

Fitur Side Switch Stand atau Saklar Standar Samping di Matik Honda

Selain fungsi diatas, setiap motor yang di produksi oleh Honda memiliki kombinasi anak kunci (key comp) dan kutub magnet yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tujuannya adalah agar menjaga privasi motor yang anda miliki.

Cara Kerja Secure Key Shutter (SKS)

Teknologi secure key shutter ini pada dasarnya berkerja dengan menggunakan prinsip kemagnetan (dua kutube yang berlawanan akan menempel), dimana bagian kepala kunci (key mold) motor anda terdapat empat titik yang diisi dengan tiga titik kutub magnet yang berlawanan dengan kutub magnet yang terdapat pada silinder shutter (panel kontak) di sebelah lubang kunci kontak motor.

Sebagai contah jika susunannya kutub magnet di kunci S-S-O-U maka susunan kutub magnet yang ada di panel kontak adalah U-U-O-S.

Perkembangan Teknologi Secur key Shutter (SKS) pada Honda
secure key shutter

Teknologi secure key shutter pertama kali diterapkan di Honda Supra X 125 keluaran tahun 2005. Secure key shutter pada Honda Supra X 125 ini masih manual. Yakni, dengan cara menancapkan kepala kunci pada silinder shutter-nya (kutub magnet harus sesuai), lalu memutarnya untuk mengaktifkan sistem secure key shutter ini.
Secure Key Shutter

Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi secure key shutter ini terus berkembang. Seperti yang terdapat pada Honda Absolute Revo, sistem secure key shutter nya mengalami perubahan berupa penambahan tuas kecil di samping silinder shutter.

Di Honda Absolote Revo penggunaan secure key shutternya sangatlah mudah. Yakni, dengan menggeser tuasnya saja ketika mau menutup lubang kunci. Namun, ketika membukanya kita masih tetap menggunakan kepala kunci (key mold). Caranya masih sama dengan yang sebelumnya.
 Secure Key Shutter

Varian lainnya ialah dengan tombol untuk menutup lubang kuncinya, sehingga lebih praktis dan mudah dari cara yang manual. Tapi, untuk membukanya masih sama dengan sebelumnya (manual). Yakni, menggunakan kepala kunci (key mold).

Teknologi secure key shutter (SKS) terus berkembang. Karena yang versi manual, tuas, dan tombol cendrung terlu memakan waktu maka Honda terus berenovasi. Biasanya pengguna tergesa-gesak hingga lupa menutup lubang kuncinya. Maka Honda menerapkan sistem otomatisasi pada teknologi secure key shutter (SKS) yang bertujuan agar bisa memangkas waktu, dan juga bisa meminimilasih tindakan akan lupa menutup lubang kunci seperti pada yang versi manual.
secure key shutter
sistem otomatisasi pada teknologi secure key shutter (SKS)
Motor yang menggunakan sistem ini ialah Honda Vario Techno ABS, Honda Scoopy, dan Spacy Helm In. Sistem secure key shutter (SKS) ini akan bekerja otomatis ketika anda mencabut anak kunci dari lubang kuncinya.

Perlu diingan sistem secure key shutter (SKS) ini akan bekerja ketika kita sudah mengunci stang atau di lock. Jadi, bila kita mencabut kunci ketika motor sudah mati dan belum di kunci stang maka lubangnya tidak akan tertutu otomatis.

Untuk menutupnya kita bisa menggunakan cara manual. Yakni, dengan cara mencolokan kepala kunci (key mold) kepada silinder shutter pada panel kontak.

Fitur tambahan yang terdapat pada secure key shutter (SKS) sebagai bentuk perkembangan dari dari sistem ini, kini New Honda Scoopy juga dilengkapi sistem secure key shutter otomatis yang akan menyala dalam gelap (glow in the dark) agar memudahkan penggunannya.

Sistem secure key shutter (SKS) ini memang sangat bergguna bagi kita, terutama menjamin dari tindakan keselamatan dari tangan pencuri. Dan perlu diingat, sistem secure key shutter ini bukan ditujukan untuk menghindari pencurian motor, namun lebih ke memperlambat dan sekaligus mempersulit kerja si pencuri motor. Selebihnya lebih bergantung pada perawatan dan tanggung jawab kita terhadap keberadaan motor kita.

Nah itulah sedikit ulasan tentang perkembangan Teknologi Secure Key Shutter di Motor Honda. Kalau ada salah kata mohon maaf.

Source:hondacengkareng.com

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel