Pengertian, Jenis, dan Penyebab Spul Motor Rusak

Pengertian, Jenis, dan Penyebab Spul Motor Rusak

Spul motor
Spul old jupiter MX
Pengertian Spull
Spul atau bisa juga disebut stator merupakan kumparan komponen elektronika yang terdiri dari lilitan tembaga dengan jumlah tertentu, yang mempunyai inti berupa batang karbon atau besi. Banyaknya lilitan kawat tembaga akan berpengaruh pada besar kecilnya induksi yang dihasilkan, besar kecilnya tegangan dan lain sebagainya, tergantung kegunaannya nanti buat apa.

Pada sepeda motor, spul ini nantinya digunakan sebagai pembangkit listrik untuk menyuplai seperti lampu, CDI/ECU, serta untuk menyupai Aki

Baca juga; Fungsi Relay dan Cara Kerjanya Pada Sistem Kelistrikan

Sebelum menyuplai komponen-komponen tersebut, tegangan dari spul masih berupa arus AC. Jadi, harus diubah dulu menjadi tegangan DC. Untuk itu dibutuhkanlah Kiprok untuk mengubah arus AC menjadi DC.

Baca juga; Warna dan Fungsi Kabel pada Kiprok Motor Yamaha, Honda, Suzuki, Kawasaki

Setelah melewati kiprok tegangan listrik sudah diubah menjadi tegangan searah atau DC dengan besar yang sudah ditentukan. Dari kiprok inilah  tegangan DC akan digunakan untuk menyuplai lampu, klakson, CDI/ECU, dan Aki.

Spul pengisisian itu ada 3 jenis, yakni;

Spul Halfwave
Ciri-cirinya lampu terang mengikuti putaran RPM mesin, jumlah kern 5-12, biasanya banyak digunakan pada motor low clas.

Fullwave (1 phase)
Ciri-cirinya lampu sudah terang tanpa harus mengikuti putaran mesin, rata-rata digunakan oleh motor kelas menengah, jumlah kern 8-12, daya lampu utama yang dipakai hanya sekitar 35 whatt.

Spul 3 Phase
Ciri-cirinya lampu sudah terang tidak perlu RPM mesin, dan mampu menggunakan lampu yang whatt-nya besar (diatas 55w). Memiliki jumlah kern 18.

Spul Mati atau Rusak
Jika spul rusak maka pasukan listrik akan terhenti, dan jika kondisi aki lemah atau tegangannya kurang dari 12 volt maka mesin tidak bisa hidup, kalaunya mau hidup juga brebet.

Adapun penyebab spul mati atau rusak diantaranya ialah;
  • Usia spul tersebut
  • Adanya korsleting pada bagian listrik lain
  • Adanya lonjakan tegangan
  • Karena panas berlebih
Kerusakan spul pada motor biasanya akan terlihat kasat mata, biasanya terlihat gosong pada salah satu  atau lebih pada kern-nya. Jika itu terjadi, maka untuk mengatasinya ialah mengganti dengan yang baru atau melilit ulang.

Sekian dulu ya artikel tentang Pengertian, Jenis, dan Penyebab Spul Motor Rusak. Jikalau ada salah kata mohon maaf.

Baca juga;


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel