Cara Membuat Power Jet pada Karburator, Biar Makin Jos

Halo sobat, apa kabar kalian semoga pada sehat selalu ya.

Kali ini saya akan membuat artikel tentang Power Jet. Power jet merupakan spuyer tambahan pada karburator yang bertujuan untuk menyuplai bahan bakar ketika di RPM atas atau saat gas full.

Power jet bekerja berdasarkan bukaan gas, pada saat di gas full maka bahan bakar akan terisap akibat dari kevakuman moncong atau venturi karburator yang lebih tinggi dibandingkan mangkok penampung bahan bakar.

Penerapan power jet pada karburator bukanlah hal baru, trik ini sudah familiar di era 2 tak di taun 90'an.

Adapun cara membuat power jet pada karburator bawaan atau aftermarket yang belum dilengkapi power jet sangat lah mudah untuk membuatnya. Yang dibutuhkan hanyalah pilot jet (bisa pakai ukuran 22,5, selang pembuangan bahan bakar di karbu, lem atau perekat, serta peralatan seperti bor.

Langkah Pembuatan Power Jet


1. Lepas dulu karburatornya dari mesin

2. Bor bagian atas moncong karbu.

Cara Membuat Power Jet pada Karburator, Biar Makin Jos


Bikin dudukan untuk meletakkan pilot jet pada bagian moncong karbu (lihat gambar). Gunakan mata bor 5 mm untuk lubang pertama, selanjutnya gunakan mata tab 6 mm untuk membuat ulir untuk meletakkan pilot jetnya nanti.

Cara Membuat Power Jet pada Karburator, Biar Makin Jos

Kalau kalian tidak punya alat buat men tab, maka bisa kok dipaksa dikit dengan cara memaksa bikin ulir untuk dudukan pilot jetnya dengan memutar paksa pilot jetnya tersebut.

Cara Membuat Power Jet pada Karburator, Biar Makin Jos
Pilot jet sudah tertanam

3. Kalau sudah terpasang pilot jet-nya, lanjutkan pasang selang dari pembuangan minyak di karbu ke pilot jetnya. Panjang selangnya secukupnya saja, yang penting jalur selangnya tidak terlipat.

Cara Membuat Power Jet pada Karburator, Biar Makin Jos
Panjang selang secukupnya saja, yg penting tidak terlipat

4. Kendorin baut pembuangan di karbunya kira-kira 1-1,5 putaran dari posisi tertutup.
Biar aman, kalian bisa menambahkan sealtape pada ulir bautnya agar tidak terjadi rembes dan juga buat menahan bautnya agar tidak lepas.

Cara Membuat Power Jet pada Karburator, Biar Makin Jos
Putar balik sekitar 1-1,5

Cara Kerja Power Jet

Adapun cara kerjanya sebagai berikut:
  • Power jet adalah penyuplai bahan bakar tambahan
  • Power jet mengambil bahan bakar dari mangkok karbu, dan disalurkan langsung ke moncong karbu
  • Power jet butuh kevakuman dari venturi karbu baru bisa aktif
  • Saat full throttle atau saat skep terangkat penuh, tekanan udara yang sangat rendah tercipta di lorong venturi. Memungkinkan bensin dari mangkok yang bertekanan normal ikut naik melalui jalur power jet. Jadi, saat gas full yang terjadi bukan hanya dari pilot jet dan main jet saja yang menyuplai bahan bakar, tapi dari power jet juga.
  • Kalau gas tidak full maka tidak akan bekerja power jetnya, karena kevakuman venturi kurang maksimal buat narik bensin melalui jalur power jet.

Kelebihan dari Menambahkan Power Jet pada Karburator

  • Dengan adanya penambahan power jet maka ketika di RPM atas atau pada saat top speed gejala kekeringan bahan bakar bisa diatasi, tanpa perlu main jet yang besar. Jadi, resiko kekeringan yang bisa bikin jebol mesin bisa diatasi hehehe.

Kekurangan dari Menambahkan Power Jet pada Karburator

  • Perlu setting main jet ulang biar bisa pas dengan power jetnya.
Penambahan power jet hanya disarankan buat yang suka full throttle aja ya, tapi buat harian juga nggak papa. Saya sendiri menerapkannya di karbu old jupiter mx saya. Kalau di 2022 ini mx saya sudah saya up pakai karburator PE 28.

Menurut saya sih sama-sama enak, soalnya top speed nggak ada perubahan. Cuman pakai PE 28 ini rada boros bahan bakarnya, soalnya belum menemukan settingan yang pas.

Sekian dulu ya artikel tentang Membuat Power Jet pada Karburator semoga artikel ini bermanfaat. Kalau ada salah kata dan tulisan saya mohon maaf.

Source foto:hourex150l.wordpress.com

Baca juga;

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel