Menghilangkan Tulisan CHEC Di Spedometer Suzuki GSX R150

Menghilangkan Tulisan CHEC Di Spedometer Suzuki GSX R150

Jika speedometer Suzuki GSX R150 dipasang di motor lain maka biasanya akan muncul tulisan CHEC di panel speedometer-nya. Jika tulisan CHEC ini muncul maka odometer tidak berfungsi, alhasil kita tidak bisa melihat jarak atau kilometer yang sudah ditempuh di panel speedometer-nya.

Karena speedometer GSX R150 ini harus terhubung ke ECU agar berfungsi maksimal, maka jikalau dipasang ke motor lain harus ada penyesuaian atau diakalin dikit biar bisa berfungsi normal speedometer-nya terutama di bagian panel odometernya ada tulisan CHEC..

Agar notifikasi CHEC tersebut hilang maka kita bisa memanfaatkan modul yang menggunkan IC 555. Modul IC 555 ini ada aja dijual di online shop, namun bagi kalian yang mau bikin sendiri juga bisa.

Dibawah ini akan saya bagikan skema IC 555 yang sudah saya coba hasi-nya tulisan CHEC di panel Speedometer GSX R150tersebut hilang. jadi, kalian bisa melihat indikator odometer/trip meter-nya.

Skema yang saya gunakan ini lumaian kuat saat saya pasang di arus listrik 14 volt tanpa step down, IC-nya tidak begitu panas. Namun biar aman dikit saya kasih heat sink di atas IC 555. Berikut skema dan bahan yang dibutuhkan.
  1. Resistor 10 K 2 buah
  2. Resistor 1 K 1 buah
  3. Potensio 50k 1 buah
  4. Elco 2.2 uf 25 volt 1 buah
  5. Kapasitor 100 nf (104)1 buah
  6. Lampu LED 1 buah

Skema modul IC 555
Menghilangkan Tulisan CHEC Di Spedometer Suzuki GSX R150

Menghilangkan Tulisan CHEC Di Spedometer Suzuki GSX R150
Untuk out pada pin 3 di IC 555 itu dihubungkan ke pin 18 pada wiring speedometer FU/FI atau GSX-R150.
Dengan modul ini maka notif CHEC-nya akan hilang, namun modul ini memiliki kekurang juga. kekurangan-nya adalah lampu indikator suhu akan terus menyala. Tapi bagi saya itu nggak masalah juga. Sekian dulu ya, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel