Pasang Speed Sensor di Jupiter MX dengan Rotor Bikinan Sendiri

Biar speed meter digital berfungsi maka harus ada yang namanya speed sensor, di mana speed sensor ini bisa dipasang di roda depan, gear depan atau ikut di roda belakang.
Pasang Speed Sensor di Jupiter MX dengan Rotor Bikinan Sendiri
Speed sensor BeAT
Kali saya akan membagikan cara pemasangan speed sensor yang mengikuti putaran gear depan pada sepeda motor Yamaha Jupiter MX lama.

Pertama-tama siapkan dulu part yang dibutuhkan, seperti:
  • Speed sensor milik Honda BeAT
  • Baut 12 dan murnya dengan panjang 3 cm, saya menggunakan baut bakas baut tusuk satu jupiter MX yang saya putung
  • Besi berbentuk lingkaran, dengan diameter lingkaran 3 cm dan tebal 2 mm. Saya menggunakan besi di eks speaker rusak (liat di foto)
  • Besi plat panjang 3,5 cm dan 4 cm dengan tebal usahakan lebih 2 mm dan keras
  • Baut 10 2 biji
Jika semua part sudah lengkap, maka pergilah ke tukang las. Las lah baut 12 tadi ke as gearbox tepat di titik tengahnya. Usahakan posisinya harus sejajar biar nggak geol-geol, tapi klo geol-geol dikit sih nggak papa nanti bisa saja disesuaikan disetingan lain-nya.
Pasang Speed Sensor di Jupiter MX dengan Rotor Bikinan Sendiri

Jika sudah dilas macam di foto, selanjutnya membuat rotor-nya. Gunakanlah besi berbentuk linkaran tadi untuk dijadikan rotor-rnya. 

Jika kalian ingin speed meternya sama dengan yang ada di motor harian pada umumnya maka buatlah 7 titik dalam lingkaran tersebut. Tapi, jika ingin speed meter-nya tampil 11 12 dengan GPS maka gunakanlah 6 titik dalam lingkaran tersebut. 
Pasang Speed Sensor di Jupiter MX dengan Rotor Bikinan Sendiri

Kasih lubang ya ditengah rotor-nya (liat foto). Bikin sendiri juga bisa kalau punya gergaji besi atau gerinda, mudah kok.

Trus kalau sudah selesai membuat rotornya, lanjutkan ke pemasangan-nya. Pertama-tama masukan dulu mur 14 ke baut 12 yang sudah di las di as gear box tadi, lanjut pemasangan rotornya lalu dilanjukan dengan penguncian rotor-nya dengan mur 12. 

Selanjutnya membuat dudukan speed sensor, bengkokanlah besi plat yang panjangnya kira-kira 3,5 cm yang sebelumnya sudah dilobangi di setiap ujungnya dengan mata bor 6 mm.

Trus bikin lagi 1 menggunakan besi plat juga dengan panjang 4 cm, dan dibikin lobang juga di setiap sisinya dengan jarak antar lobang itu sekitar 2,5-2,8 cm. Jadi, satu lobang harus dibikin rada memanjang biar bisa digeser-geser.

Selanjutnya tinggal psang saja lagi (liatlah foto), untuk celah rotor dengan speed sensor sekitar 2mm.
Pasang Speed Sensor di Jupiter MX dengan Rotor Bikinan Sendiri
Di foto ini saya memakai rotor 6 titik
Nah itulah cara murah memasang speed sensor di jupiter mx,. Paling habis 100 ribu, itupun sudah dengan speed sensor-nya yang harganya 65 ribu dan ngelas baut 12 tadi .

Sekian dulu ya tips-nya, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel