Mengenal Sedikit Tentang Sensor Speed Pada Speda Motor

Mengenal Sedikit Tentang Sensor Speed Pada Speda Motor

Seperti yang kita ketahui pada sekarang ini banyak sudah motor anyar yang menggunakan Vehicle Speed Sensor untuk mendeteksi kecepatan gerak benda untuk selanjutnya diubah kedalam bentuk sinyal elektrik.

Vehicle speed sensor atau wheel speed sensor ini membaca putara dari rotor, trus sinyal yang dibaca speed sensor ini akan dikirim ke speedometer melalui kabel speed sensor.

Biasanyakan pada motor umumnya masih menggunakan gigi nanas yang putarannya mengikuti roda depan. Putaran gigi nanas ini disalurkan melalui kabel untuk memutar jarum speedometer.

Kalau menurut saya pribadi sih, penggunaan gigi nanas untuk mengukur kecepatan itu mempunyai beberapa kelemahan diantaranya suka putus kabelnya dan juga gigi nanasnya suka cepat aus.

Nah kalau menggunakan vihicle speed sensor ini bakal lebih awet, biasanya kalau terjadi masalah error paling dibagian speed sensornya kotor. Soalnya kalau kotor di permukaan speed sensonya maka ia tidak bisa membaca titik pada putaran rotor.

Pada kebanyakan-nya speed sensor ini diletakan mengikuti putaran roda belakan, serta dengan menggunakan speed sensor ini tampilan motor pun jadi lebih rapi dan juga terlihat canggih.

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel