Bikin Fullwave Yamaha Jupiter MX dengan Kiprok NMAX

Bikin Fullwave Yamaha Jupiter MX dengan Kiprok NMAX
Ojmx pakai kiprok NMAX
Artikel kali ini saya akan membahas tentang membuat Fullwave motor dari pabrikan Yamaha yang masih menganut sistem kelistrikan Hallwave atau setengah gelombang.

Karena menurut saya kalau sudah diubah menjadi fullwave, maka resiko aki tekor akibat kelebihan beban bisa diatasi. Karena Fullwave sendiri berguna untuk memaksimalkan kinerja pengisian.

Jadi kalau kita mau menambahkan aksesoris berupa Lampu HID, Projie, klakson keong, strobo atau perangkat kelistrikan lainnya yang membutuhkan daya besar alangkah baiknya perbaiki dulu sistem kelistrikannya agar aki tidak tekor.

Kalau yang masih Hallwave itukan salah satu output spull masih terhubung ke ground. Jadi semakin tinggi rpm mesin maka semakin besar pula arus yang terbuang ke body mesin.

Untuk itu sebaiknya kita manfaatkanlah arus yang terbuang tersebut dengan melakukan modifikasi menjadi fullwave.

Baca juga: Soket Kiprok Vixion New

Untuk melakukan modifikasi menjadi fullwave maka kita membutuhkan yang namanya regulator/rectifier/kiprok Fullwave yang pada umumnya bisa menggunakan kiprok milik Nmax atau Honda Tiger.

Saya sudah pernah melakukan uji coba bikin fullwave pada motor Yamaha New Jupiter Z dan Old Jupiter MX, dalam uji coba membuat kelistrikan yang asalnya hallwave  menjadi fullwave tersebut saya menggunakan kiprok Yamaha NMAX.

Kenapa saya dalam uji coba tersebut pakai kiprok NMAX?

Karena selain harganya lebih murah, yang mana di laman resmi Ymaha harganya Rp. 103 ribu saja  (Rp. 110 ribu di Banjarmasin) serta untuk performanya menurut saya juga bagus kok.

Karena belum pernah memakai Kiprok Honda Tiger, jadi belum bisa membandingkan ya hehehe.

Namun dari beberapa sumber yang saya dapatkan kalau kelebihan kiprok Honda Tiger itu pengisiannya lebih kuat aja. Jadi, mampu menahan beban yang agak berat.

Baca juga: Penjelasan Warna Kabel Kiprok Berbagai Motor

Adapun cara mengaplikasikan kiprok Yamaha NMAX pada New Jupiter Z dan Old Jupiter MX simaklah di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan
  1. Kiprok Yamaha NMAX
  2. Isolasi
  3. Kabel kurang lebih 2 meter (Gunakan kabel dengan kualitas yang bagus)
Karena pengaplikasikan kiprok NMAX ini saya tidak pakai soket khusus kiprok NMAX itu sendiri, dikarenakan susahnya mencari soket khusus kiprok NMAX di tempat saya.

Maka saya gunakanlah cara manual untuk menghubungkan ke pin pada kiprok.
Bikin Fullwave Yamaha Jupiter MX dengan Kiprok NMAX

Ok langsung ya.

  • Pertama lepas soket kiprok pada kiprok bawaan motor, trus lepas konektor pin yang berada di soket kiprok. Cukup lepaskan warna kabel merah, putih, dan hitam. Untuk warna kuning biarkan saja tertanam pada soket.
  • Hubungkan konektor yang baru saja dilepas tadi ke kaki-kaki pin kiprok NMAX.
  • Untuk konektor yang kabelnya warna merah dihubungkan ke kaki pin nomor satu pada kiprok NMAX.
  • Untuk konektor yang kabelnya warna putih hubungkan ke kaki pin nomor empat pada kiprok NMAX.
  • Untuk konektor yang kabelnya warna hitam dihubungkan ke kaki pin nomor tiga
  • Pada kabel spul warna hitam (sebelum soket spul) dipotong ya, trus potongan yang dari spul  sambung dengan kabel lain lalu dihubungkan ke kaki pin nomor lima pada kiprok NMAX. Untuk menghubungkan kabelnya ke kaki pin bisa di solder trus dikasih pengaman.
  • Untuk jalur lampu, karena pada kiprok NMAX pin nomor duanya tidak terpakai (Berbeda dengan kiprok Tiger) maka untuk jalur lampunya mengambil langsung dari output kunci kontak.
  •  Potong kabel kuning yang dari spul, trus potongan yang dari spul dikasih pengaman (diisolasi). Lalu potongan satunya disambung dengan kabel trus dihubungkan ke output kunci kontak. Untuk Output dari kunci kontak itu warna kabelnya warna coklat.
Baca juga: Pemasangan Lampu LED pada Motor Harus ada Penyesuaian ya

Inii skemanya
Bikin Fullwave Yamaha Jupiter MX dengan Kiprok NMAX
Skema 

Catatan

Ingat semua sambungan-sambungan serta bekas potongan kabel dikasih pengaman ya, biar tidak terjadi hal yang tidak diinginka.

Pada output spul tidak ada satu bagian pun yang terhubung ke ground/massa/rangka. Untuk Outputnya itu harus terhubung langsung ke kiprok.

Ohh ia, kalian juga bisa modifikasi hallwave jadi fullwave pada motor Yamaha Jupiter MX old/new, Jupiter Z, Vega ZR, Xeon dan Nouvo yang mana sebenarnya sedikit lebih mudah karena tidak perlu lagi otak atik bagian spul.

0 Response to "Bikin Fullwave Yamaha Jupiter MX dengan Kiprok NMAX"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel