Pemasangan Lampu LED pada Motor Harus ada Penyesuaian ya

Pemasangan Lampu LED pada Motor Harus ada Penyesuaian ya
Jupiter MX lama pakai Lampu LED 6 sisi
Saat ini rata-rata sepeda keluaran terbaru motor sudah menggunakan lampu LED (Light Emiting Diode) pada lampu utamanya. Karena menggunakan lampu tipe LED ini cahayanya lebih terang dibanding dengan tipe lampu konvensional.
Lalu, apakah pada motor lama yang lampu utamanya yang masih menganut lampu utama tipe konvensional bisa diubah ke tipe lampu LED? Jawabannya bisa saja. Namun, ada sedikit penyesuaian dalam pengaplikasikannya.

Pada motor lama itu kan biasanya arus listrik AC dan semi DC maka (harus) diubah dulu ke Full DC, biar aki nggak gampang tekor dan pengisian lebih stabil.


Alasannya kenapa harus diubah dulu dari AC ke Full DC itu ialah arus AC itu kan kadang tidak stabil, sedangkan lampu LED butuh listrik yang stabil dan dibawah tegangan maksimumnya. Jadi, perlu diubah dulu ke full DC. Kalaunya tidak diubah juga bisa sih, karena pada lampu LED yang aftermarket itu sudah ada yang support arus AC/DC. Tapi ditakutkan rawan putus bohlamnya.

Kalau untuk motor injeksi itu sudah menganut sistem kelistrikan DC, jadi misalkan awalnya masih menggunakan lampu utama tipe konvensional bisa saja langsung diubah ke lampu tipe LED. Kalau motor lama yang  menggunakan sistem pengkabut karburator itu banyak menggunakan sistem kelistrikan AC dan semi DC, yang full DC yang saya tahu itu Honda Tiger.

Untuk mengubah sistem kelistrikan dari AC ke full DC usahakan menggunakan part original ya. Untuk kiprok-nya, kebanyakan memakai punya Honda Tiger, untuk harga kiprok ori Honda Tiger berkisar antara 250-300 ribu rupiah. Tapi, bisa juga memakai kiprok Yamaha NMAX, harganya sekitar 110 ribu rupiah di Banjarmasin.

Kalau harga lampu LED Aftermarket itu bervarian ya harganya, kalau saya beli dulu itu 150 ribu rupiah yang lampu LED-nya 6 sisi. Mungkin beda tempat beda harga ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga:

0 Response to "Pemasangan Lampu LED pada Motor Harus ada Penyesuaian ya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel