ACG Starter, Starter yang Bersuara Halus di Motor Honda

ACG Starter, Starter yang Bersuara Halus di Motor Honda

Tahukah kamu kalau di motor matic Honda yang terbaru itu ada sebuah fitur canggih. Fitur tersebut bernama ACG Starter (Alternating Current Generator). Pada sistem elektrik starter yang biasanya itu kan suka ngeluarin suara yang agak berisik, nah kalau dari fitur ACG Starter ini suara yang ditimbulkan lebih halus.

ACG (Alternating Current Generator) merupakan alat untuk menghasilkan arus listrik bolak-balik (AC), adapun Starter yaitu alat untuk memulai kerja suatu alat lain atau mesin. Jadi, keduanya dikombinasikan menjadi ACG Starter.

Adapun teknologi ACG Starter ini pertama kali diaplikasikan di Honda PCX 125, tapi sekarang teknologi ini sudah diaplikasikan di motor matic Honda yang terbaru.
Pada dasarnya, sistem ACG Starter ini merupakan kombinasi dari teknologi ISS (Idling Stop System). Fitur ISS itu bertujuan untuk mematikan mesin ketika berhenti (misalkan di lampu merah) agar BBM jadi lebih hemat. Sedangkan fitu ACG bertujuan untuk merawat mesin, karena fitur ACG ini mampu menyalakan mesin dengan lebih halus.

Adapun komponen yang ada pada ACG Starter itu ada Flywheel, Magnet, Flwwheel dan Kumparan (Stator). Karena menggunakan teknologi magnetik inilah yang membuat ACG Starter lebih minim gesekan dan suaranya juga lebih halus.
ACG Starter, Starter yang Bersuara Halus di Motor Honda
ACG Starter
Baca juga: Pemasangan Lampu LED pada Motor Harus ada Penyesuaian ya

Berbeda dengan jenis starter elektrik yang konvensional yang mana masih menggunakan Sliding-Gear Starter Type System dengan menggunakan dinamo starter. Karena adanya dua buah gear yang akan bergesekan satu sama lain maka akan menimbulkan suara yang kurang halus pada jenis starter konvensional.

Itulah fitu ACG Starter pada motor matic Honda kalian, yang mana saat mau menyalakan mesin suara starternya lebih lembut :D . Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga:

0 Response to "ACG Starter, Starter yang Bersuara Halus di Motor Honda"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel