Mengenal Sistem Traction Control pada Mobil

Mengenal Sistem Traction Control pada Mobil

Mengenal Sistem Traction Control pada Mobil

Saat ini perkembangan teknologi sangatlah luar biasa. Berbagai teknologi diciptakan untuk menjamin keselaman dan keamanan selama berkendara yang tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi stiap penggunanya. Salah satu teknologi keselamat dan kenyaman dalam berkendara itu adalah Traction Control.

Traction Control adalah fitur yang berguna untuk mencegah ban mengalami selip dan tergelincir saat kondisi jalan basah/licin saat kita berbelok/menikung. Fitur ini banyak digunakan pada mobil dan motor keluaran terbaru buat menjamin keamanan dalam berkendara.

Baca juga: Fungsi Sekring pada Sepeda Motor, Mobil, dan dalam Rangkaian Listrik Lainnya

Saat menikung maka pengemudi pada dasarnya harus mengontrol 3 hal. Yakni Akselerasi, pengereman, dan kemudi. Tentu hal itu sangatlah sulit dilakukan. Apalagi pengemudinya belum mahir. Dengan adanya teknologi yang bernama Traction Control maka ia akan membantu pengemudi mel;akukan hal tersebut agar lebih mudah saat menikung. Traction control akan mengerem secara otomatis  terhadap masing-masing roda, sehingga dapat menjaga mobil dapat berbelok secara aman.

Traction Control ini akan mengatur pengereman ke setiap roda dengan kekuatan yang sendiri-sendiri yang tidak jadi tidak sama kuat. Tergantung dengan kebutuhan roda itu sendiri. Sensornya akan menilai seberapa kuat rem yang disalurkan untuk roda tersebut. Dengan begitu mobil tidak akan tergelincir.

Baca juga: Fitur Side Switch Stand atau Saklar Standar Samping di Matik Honda

Traction Control akan aktif sesaat ketika mobil hendak menikung. Secara otomatis ia akan memberikan cengkraman pada masing-masing roda untuk mengerem denga kekuatan tertentu.

Traction Control ini juga dapat aktif ketika akan keluar dari tikungan. Misalkan ketika pengemudi terlalu cepat menekan pedal gas saat keluar tikungan sehingga mobil bisa terpelanting ke luar. Maka Traction Control akan mengerem secara lembut dan mengembalikan mobil ke lajur yang seharusnya.

nah itulah sedikit info mengenai Traction Control, kalau ada salah kata mohon maaf. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga: Mengenal Fungsi CDI pada Sepeda Motor

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel