Tips Mengatasi Kopling Sepeda Motor yang Slip

 Halo sahabat otomotif di manapun berada, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips dulu ya.Biasanya kan saya membagikan artikel mengenai wiring hehehe. Tips simpel aja sih, yakni mengatasi kopling motor yang slip.

Sebelumnya kita kenali dulu apa itu kopling pada sepeda motor. Kopling pada sepeda motor itu berfungsi sebagai pemutus dan penghubung tenaga dari poros engkol (crankshaft) ke transmisi (gear box).

Dengan adanya kopling ini maka kendaraan akan lebih lembut saat digunakan. Lalu apa jadinya jika kopling ini bermasalah?

Tips Mengatasi Kopling Sepeda Motor yang Slip


Jika kopling pada sepeda motor bermasalah maka ada beberapa efek negatif yang dihasilkan, sperti ;

  • Tenaga mesin tidak tersalur dengan baik dan maksimal

  • Perpindahan gigi terasa lebih keras

  • Putaran mesin makin tinggi, tapi motor tidak kencang

  • Saat di kick starter maka sering terjadi slip

  • Boros bahan bakar

Jika masalah-masalah seperti yang saya sebutkan di atas itu terjadi pada motor kalian maka ada beberapa bagian kopling yang harus kalian perbaiki atau dicek, diantaranya :

1. Kampas Kopling

Kampas kopling yang sudah menipis dari ukuran standarnya maka bisa menyebabkan hal-hal yang saya sebutkan di atas. Penyebab kampas kopling menipis itu karena beberapa faktor seperti.

  • Usia pemakaian

  • Siklus oli yang kurang lancar hingga bikin kapas kopling jadi gosong

  • Penggunanya sering menggunakan setengah kopling

Jika itu terjadi maka lakukanlah penggantian kampas koplingnya.

2. Rumah Kopling (Primary Driven Gear Comp)

Jika Kalian sudah melakukan penggantian kampas kopling satu set tapi masih saja timbul gejala-gejala yang seperti saya sebutkan tadi. Maka itu bisa jadi disebabkan bagian rumah kopling ini yang mengalaimi kerusakan.

Nah di sinilah saya akan memberikan tips murah meriah menangani rumah kopling yang bermasalah.

Tips Mengatasi Kopling Sepeda Motor yang Slip


Biasanya pada bagian daun atau lidah rumah kopling (liat foto) yang tugasnya menahan kampas kopling yang mengalami perubahan fisik karena pemakaian, biasanya bagian daun atau lidahnya ini mengalami omblak atau aus.

Menangani masalah seperti ini sebenarnya mudah banget, kalian cukup menggunakan amplas kasar ukuran (100-200). Amplaslah pada permukaan yang omblak itu dengan kemiringan mengikuti bagian yang tidak omblak.

Saya menggunakan kayu yang permukaannya rata dengan lebar 1.5 - 2 cm, lalu saya tempeklan amplas menggunakan lem korea (liat foto di bawah).

Tips Mengatasi Kopling Sepeda Motor yang Slip


Saya melakukannya kemaren itu pada motor Yamaha MX King punya saya, saya amplas sebelah bagian yang omblaknya yang lumayan itu saja ya dan yang sebelahnya tidak saya amplas karena masih baik (sedikit omblaknya).

Lakukanlah pelan-pelan, nggak usah terburu-buru nanti bisa bikin miring kalau terburu-buru.

Kalau mau simpel ya ganti baru aja sih, cuman kalau kalian melakukan pengamplasan Insya Allah bikin jos lagi kok.

Karena jika lidah rumah kopling yang mengalami aus atau omblak itu sebenarnya bikin kinerja buka dan tutup kampas kopling tidak bekerja dengan maksimal.

#3. Kaki Rumah Kopling (Boss Clutch)

Tips Mengatasi Kopling Sepeda Motor yang Slip


Biasanya bagian bawah atau bagian yang bertemu kampas kopling yang mengalami aus atau tidak rata lagi permukaannya, jika ini terjadi maka lakukanlah penggantian part atau kalau masih tebal bisa dibawa ke tukang bubut.

#4. Tutup Rumah Kopling

Tips Mengatasi Kopling Sepeda Motor yang Slip


Sama seperti nomor 3, biasanya karena permukaan tutup rumak koling (yang bertemu kampas kopling) mengalami aus atau tidak rata lagi. Jika ini terjadi maka lakukanlah penggantian part.

#5. Per Kopling

Jika per kopling sudah mulai lemah maka ia juga bisa bikin kampas kopling tidak mengigit lagi, jika ini terjadi maka lakukanlah penggantian part dengan yang ori kalau pakai part racing sebaiknya jangan kalau motornya digunakan untuk harian. Karena nanti bisa bikin nambah masalah.

#6. Plat Kopling

Plat kopling ini biasanya gosong sehingga mempengaruhi kinerja kopling, biasanya penyebabnya karena oli yang kurang lancar.

Atau plat kopling ini sudah mulai menipis (karena faktor usia), jika itu terjadi maka kalian harus melakukan penggantian part.

Nah itulah sedikit tips dari saya, sekian dulu ya artikelnya. Jika ada salah kata dan tulisan saya mohon maaf.

Mohon do'a dan dukungannya agar blog ini makin berkembang. Aamiin

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel