Posisi Pemasangan Noken As Suzuki GSX R150 ataupun Satria Fu 150 FI

 Halo sahabat otomotif di manapun berada, pada kesempatan kali ini saya membagikan artikel mengenai pemasangan noken as Suzuki GSX R150 ataupun Satria FU FI.

Karena pada motor Suzuki GSX R150 ataupun Satria FU FI ini memiliki 2 noken as (IN dan EX) maka pemasangannya harus seteliti mungkin ya biar mesinnya bisa bekerja dengan normal.

Pada gear timing atau gigi sentrik noken asnya sudah ada dikasih tanda sama pabrikan ya, jadi kalian tinggal ngikutin tanda tersebut diletakkan sesuai dengan posisinya.

Adapun caranya adalah sebagai berikut, kalian bisa liat gambar di bawah ini.

Posisi Pemasangan Noken As Suzuki GSX R150 ataupun Satria Fu 150 FI

Pertama, cari dulu posisi TDC (Top Dead Center) piston dengan cara memutar crankshaft (berlawanan arah jarum jam) sampai ketemu posisi magnet dengan tanda garis [1] sejajar denan tanda [2].

Jika sudah maka lanjut memasang gear timing

Posisi Pemasangan Noken As Suzuki GSX R150 ataupun Satria Fu 150 FI

Kedua, sejajarkan panah [1 A] dengan bibir atas head jika lanjut pasang rantai ketengnya. Posisi panah [2 A] harus posisi arah ke atas ya. Jika sudah letakan noken as in (liat poto).

Jarak antar panah [2 A]  dengan panah [3 B] itu berjumlah 15 titik mata rantai ya.

Jika sudah terpasang kedua noken Asnya maka coba kencangkan rantai ketengnya denan cara menekan lidah tensionernya.

Jika masih belum atau adanya perubahan saat lidah tensioner ditekan maka kalian harus setting ulang. Jika jumlah matanya kelebihan maka dikurangin, begitu juga sebaliknya.

Jika dirasa sudah pas posisi timing gearnya maka lanjut memasang tutup pengunci noken asnya dulu ya, baru memasang tensionernya.

Setelah semuanya terpasang cobalah memutar Crankshaft berlawanan arah jarum jam (2 kali 360 derat). Jika tidak ada perubahan berarti itu sudah pas.

#Catatan

  1. Memasang noken as tipe double  kayak gini tu harus seteleti mungkin ya. Soalnya kalau geser dikit kadang susah hidup atau bisa bikin tidak normal hidupnya.

  2. Kalau ada kesalahan saat memasangnya juga bisa bikin klep menabrak piston, kalau ini terjadi beberapa hal buruk bisa menimpa.

  3. Adapun penyebab adanya pergeseran tipis-tipis itu bisa karena gigi sentrik noken as aus, rantai keteng yang aus ataupun gear sentrik pada crankshaftnya yang mulai aus.

    Atau bisa juga posisi pemasangan gigi sentrik di crankshaft tidak pas atau mengalami pergeseran.

    Blok silder dan head silinder yang dipapas juga bisa bikin posisi noken as tidak beraturan lagi.

    Maka lakukanlah penecekan pada komponen-komponen tersebut jika posisi nokennya tidak mau pas.

  4. Adapun solusinya jika sudah tidak sejajar lagi posisi panah noken asnya maka kalian bisa mencoak lubang baut gear noken as.

    Cuman gear noken as ini lumaian keras ya, jadi butuh kesabaran kalau mau mencoak lubang baut gearnya.

    Kalau mau yang lebih simpel kalian bisa beli yang adjustable.

    Posisi Pemasangan Noken As Suzuki GSX R150 ataupun Satria Fu 150 FI

Sekian dulu ya  artikelnya semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian. Jika ada salah kata dan perbuatan, saya mohon maaf.

Mohon do'a dan dukungannya agar blog ini makin berkembang. Aamiin

Baca juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel