Stut Kopling Yamaha Jupiter MX 150 Jebol Akibat Memakai Per Kopling R15 V3

 Halo sahabat otomotif di manapun berada, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman di dunia permesinan sepeda motor ya.

Jadi gini, pertengahan bulan 4 tahun 2023 kemaren saya mengupgrade motor Yamaha Jupiter MX 150 (2015) pada bagian koplingnya. 

Di sini itu saya tidak menggunakan kampas kopling dan per kopling standar milik Jupiter MX 150, melainkan memakai milik saudaranya. Yakni memakai kampas kopling milik Yamaha R25 kode 1WD-E6331-00 dan per kopling Yamaha R15 V3 kode BK6-E6333-00.


Stut Kopling Yamaha Jupiter MX 150 Jebol Akibat Memakai Per Kopling R15 V3

Kedua part tersebut kalau dipasang di Yamaha Jupiter MX 150 atau  MX king PNP ya.

Setelah kedua part itu dipasang, hasilnya sangat memuaskan. Tarikan dan jambakan sangat bagus, lebih mengigit dari yang pakai standar.

Untuk ketebalan kampas milik r25 ini saya tidak mengukurnya ya, cuman kan ini kampas dari motor yang memiliki CC mesin dan tenaga yang besar.

Jadi menurut saya sangat cocok untuk diaplikasikan ke motor Yamaha Jupiter MX 150 atau MX King yang sudah melakukan perubahan di sektor mesinnya baik itu bore up/stroke up. Biar penyaluran tenaga dari mesin ke gear box tidak terbuang sia-sia karena slip pada kopling.

Untuk karakter dari per kopling R15 V3 ini saya rasa lumaian keras dari standarnya, bahkan menurut saya lebih keras dari milik Honda Tiger. Jadi di sini itu permasalahannya.

Penggunaan per milik Yamaha R15 V3 untuk Yamaha Jupiter MX 150 atau MX King saran saya jangan dah.

Soalnya saya 2 kali mengalami kopling jebol pada bagian stik/rod push stut koling, ball bering dan tuasnya setelah memakai per kopling milik Yamaha R15 V3 ini.


Stut Kopling Yamaha Jupiter MX 150 Jebol Akibat Memakai Per Kopling R15 V3


Pertama jebol itu pas dipakai beberapa hari setelah pemasangan kampas kopling dan per koplingnya. Lalu saya ganti dah sepaket pada bagian stut koplingnya.

Setelah pemakaian sekitar 4 bulanan bagian stut koplingnya jebol lagi. Rugi banyak dah jadinya, akibat dari stut kopling yang jebol ini.

Untuk meminimalisir terjadinya hal serupa maka sekarang dibalikin ke per kopling standar dengan kombinasi kampas kopling masih memakai milik R25. Sedangkan bagian push rod dan tuas koplingnya memakai milik vixion old kode 3C1.


Stut Kopling Yamaha Jupiter MX 150 Jebol Akibat Memakai Per Kopling R15 V3


Setelah saya cari beberapa info tentang karakter dari per kopling R15 V3 ini yang di pasang di MX King katanya emang suka bikin jebol stut koplingnya.

Ada yang menyarankan pada bagian stut kopling menggunakan milik Yamaha Vixion Old yang kode 3C1, klo milik Yamaha Jupiter MX 150 atau MX king kan kode 2nd. Kodenya aja dah 2nd katanya hihihi.

Kalau memakai per kopling milik Honda Tiger, sejauh ini aman-aman saja sih dipasang di Yamaha Jupiter MX series. Per kopling Honda Tiger ini juga bisa dipasang di Vixion series.

Karena per  kopling Tiger ini memiliki karakternya lebih keras dari per standar Jupiter MX series namun tidak sekeras milik R15 V3.

Nah itulah sedikit pengalaman saya ketika menggunakan per kopling yang lebih keras dari standarnya.

Sekian dulu ya artikelnya, jika ada salah kata dan tulisan saya mohon maaf.

Mohon do'a dan dukungannya agar blog ini makin berkembang. Aamiin

Baca juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel