Mengenal Sensor IAPS, MAP dan Sensor CKP

Artikel kali ini saya akan membagikan tentang Sensor-sensor di mesin Injeksinya Yamaha, Suzuki dan Honda. Simaklah di bawah ini:
1. IAPS
Mengenal Sensor IAPS, MAP dan Sensor CKP
IAPS Sensor
IAPS atau Intake Air Pressure Sensor dimana sensor ini bekerja untuk mendeteksi perubahan tekanan udara pada intake manipold, kemudian mengirim sinyal listrik ke ECM (Engine Control Module). Istilah sensor IAPS ini adanya di motor Yamaha dan Suzuki.

2. MAP
Mengenal Sensor IAPS, MAP dan Sensor CKP
MAP Sensor
MAP atau Manipold Absolute Pressure, sensor ini adanya di motor Honda. Adapun fungsi  dari MAP ini adalah untuk mendeteksi tekanan udara dalam intake manipold.

Di mana informasi ini akan menjadi acuan ECM (Engine Control Module) menentukan banyak dikitnya bahan bakar yang akan disemprotkan injektor agar takaran udara dan bahan bakar selalu ideal.

Namun, untuk motor Honda injeksi versi 4 atau step 4 seperti motor Honda Supra X 125 PGM-FI, Spacy Helm In PGM-FI dan Vario Techno 125 PGM-FI, sensor MAP-nya sudah digantikan dengan sensor CKP (Crankshaft Position Sensor) dan O2 Sensor (baca juga).
.
3, CKP
Mengenal Sensor IAPS, MAP dan Sensor CKP
CKP Sensor
CKP atau Crankshaft Position Sensor merupakan sensor yang berfungsi untuk mengetahui posisi sudut crankshaft beserta kecepatan putar yang terjadi di crankshaft.

Sensor ini akan menentukan berapa lama injektor akan menyemprotkan bahan bakar, kapan waktu yang tepat semburan injektor yang tepat, serta menentukan kapan pengapian masing-masing silinder harus diberikan.

Dengan adanya sensor-sensor inilah maka kinerja mesin jadi lebih optimal, efektif dan efisien. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga:



1 Response to "Mengenal Sensor IAPS, MAP dan Sensor CKP"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel