Mengenal Sensor Intake Air Temperature (IAT)

Sensor IAT (Intake Air Temperature) merupakan sensor koreksi yang biasanya terpasang pada air cleaner atau hose antara air cleaner dan trottle body. Sensor ini ibarat panca indra pada manusia. Dimana ia akan bertugas menyesuaikan diri ketika suhu udara berubah. Karena sensor ini berupa thermistor dengan bahan semikonduktor yang mempunyai sipat semakin panas temperatur maka nilai tahannya semakin kecil.
Mengenal Sensor Intake Air Temperature (IAT)
IAT sensor
Sensor ini akan membaca temperatur udara pada intake manipold yang sangat berpengaruh pada kerapatan udara dan kandungan oksigen yang masuk ke ruang bakar. 

Pada kondisi suhu udara panas, maka kandungan oksigen  di udara dibikin lebih sedikit dari bahan bakar. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah suhu dan temperatur udara yang masuk ke dalam intake manipold maka nilai tahanan di dalam thermistor ini akan semakin tinggi (besar). Liat grafiknya di bawah ini.
Mengenal Sensor Intake Air Temperature (IAT)
Grafik IAT sensor
Sensor IAT ini memiliki 2 kabel yang mana keduanya berasal dari ECM (Engine Control Modul). ECM akan menyuplay tegangan sebesar 5 volt dan memberi ground untuk sensor. Karena tahan pada sensor bervariasi akibat perubahan temperature maka tegangan yang mengalir dari ECM juga bervariasi.

Adanya tegangan variasi inilah yang dijadikan dasar bagi ECM untuk menentukan temperaturre udara masuk yang tepat sebagai input untuk menentukan koreksi jumlah bahan bakar yang akan disemprotkan oleh injektor.

Baca juga:

0 Response to "Mengenal Sensor Intake Air Temperature (IAT)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel