Berapa Tekanan Angin yang Bagus dan Aman Buat Ban Kendaraan

Berapa Tekanan yang Bagus dan Aman Buat Ban Kendaraan
Ilustrasi
Ban merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan, karena ban satu-satunya komponen yang menyentuh aspal. Oleh karena itu harus adanya perawatan oleh pemilik kendaraan terhadap ban.

Perawatan ban sebenarnya cukup sederhana dan juga mudah. Pemilik kendaraan hanya wajib untuk menjaga tekanan udara pada ban sesuai dengan standarnya dan kebersihan ban tersebut.

Tekanan Angin pada Ban

Besar kecilnya tekanan angin pada ban itu sangat penting, karena akan mempengaruhi kekerasan pada ban dan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan stabilitas berkendara.

Jikalau menggunakan ban yang tekanan anginya kurang atau kempes maka kendaraan akan bekerja lebih berat. Karena tapak permukaan ban pada aspal makin lebar. Lalu jika dilakukan pengisian secara asal-asalan sehingga ban menjadi keras, maka kendaraanpun dipakai akan terasa kurang nyaman. Apalagi saat berada di jalan yang kurang rata.

Lalu bagaimana sih tekana angin pada yang bagus?

Agar ban pada kendaraan dapat berfungsi dengan baik, maka ban harus diisi dengan tekanan yang cukup. Setiap jenis ban dan kendaraan itu tekanan anginnya berbeda ya.

Baca juga: 6 Hal yang Bisa Bikin Ban Cepat Botak atau Aus

a. Tekanan Angin untuk Motor Matic dan Bebek

  • Untuk tekanan roda depan dibutuhkan sekitar 28-30 Psi (Pounds per Square Inch). Artinya bisa menggunakan ukuran tekanan 28 Psi jika kendaraan sering dipakai sendiri, dan 30 Psi jika sering dipakai boncengan atau membawa beban.
  • Untuk tekanan rodaa belakang dibutuhkan sekitar 34-36 Psi . Artinya bisa menggunakan ukuran tekanan 34 Psi jika kendaraan sering dipakai sendiri, dan 36 Psi jika sering dipakai boncengan atau membawa beban.
b. Tekanan Angin untuk Motor Sport
Untuk motor sport ada sedikit perbedaan dengan motor matic dan bebek, karena motor sport itu cenderung bannya lebih besar dan menompak beban yang lebih berat juga.

Untuk tekanan ban depan pada motor sport dibutuhkan sekitar 30 Psi , sementara ban belakang sekitar 34 Psi .


c. Tekanan Angin untuk Mobil
Biasanya tekanan angin pada ban tiap mobil hampir sama, dimana paling rendah 28 Psi dan paling tinggi 33 Psi.

Ini semua tergantung tergantung tipe mobil dan tipe ban.
  • Untuk kelas mobil MPV seperti Avanza, Kijang, Ertiga dan lainnya, tekanan anginya berkisar antara 30-32 Psi.
  • Sedangkan untuk mobil sedan biasanya berkisar antara 28-30 Psi .
Tidak hanya sekedar mengetahui tekanan angin ban kendaraan saja, tapi juga harus menjaga tekanan angin tetap terjaga selama pemakaian kendaraan. Kalian harus melakukan pengecekan tekanan angin pada ban kendaraan secara rutin. Terutama kendaraan yang sering dipakai buat transfortasi harian. Bisa dilakukan pengecekan 1 bulan sekali atau 2-3 minggu sekali.

0 Response to "Berapa Tekanan Angin yang Bagus dan Aman Buat Ban Kendaraan"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel