Cara Mengetahui dan Memperbaiki Bendik Starter yang Rusak

Cara Mengetahui dan Memperbaiki Bendik Starter yang Rusak

Cara Mengetahui dan Memperbaiki Bendik Starter yang Rusak
Bendik starter Yamaha Jupiter MX
Bendik starter merupakan salah satu bagian penting dari sistem elektrik starter. Bendik starter ini berguna untuk memicu aliran listrik dari aki yang nantinya akan diteruskan ke dinamo starter. Bendik juga sering bermasalah.

Baca juga: Sistem Starter Sepeda Motor Bermasalah, Cek Bagian ini

Sistem elektrik starter sepeda motor terdiri dari berbagai komponen. Salah satunya bendik starter. Jika bendik starter bermasalah dan kalian ingin memastikan apa itu kerusakan elektrik starter benar-benar dari bendik starter tersebut.

Maka kalian bisa memastikannya dengan langkah-langkah seperti uraian dibawah ini:

1. Cek Dulu Kondisi Akinya
Pastikan kondisi aki sepeda motor kalian dalan keadaan sehat. Untuk mengetahui kondis aki sepeda motor, kalian bisa melakukan beberapa cara. Bisa cara manual dan bisa pakai peralatan khusus untuk mengecek kondisi aki.

Aki yang sehat itu tegangannya 12,4 volt. Jika kurang dari 12 volt berarti aki tidak sehat.

Baca juga: Cara Merawat Aki Serta Mengecek Kondisi Aki atau Accu

Kalau cara manual kalian bisa mengetahuinya dari lampu sein yang dinyalakan. Dan liat apakah nyala lampu sein tersebut terlihat normal apa redup.

Jika nyala lampu sein itu redup berarti kondisi aki kurang baik atau tegangannya kurang dari 12 volt. Atau kalau mau mengetahui kondisi aki secara manual lainnya, coba bunyikan klaksonnya.

Jika suaranya lemah berarti tegangan akinya kurang dari 12 volt dan itu artinya aki tidak sehat. Dan itu salah satu penyebab elektrik strater tidak bekerja normal.

Baca juga: Mesin Motor tidak Menyala, Cek 3 bagian ini

Untuk mengecek kondisi aki dengan peralatan khusus, kalian bisa menggunakan Avo meter, Hidrometer, Baterai tester, dan lain-lain.

2. Coba Cek Dinamo Starternya
Lepas dinamo starter dari body mesin, serta soket kabelnya. Jika sudah, coba hubungkan kabel positifnya ke aki (kaki/kutub positif) dan body diamo starter ke kaki / kutub negatif aki.

Jika dinamo berputar, berarti dinamo starternya sehat. Dan sebaliknya jika tidak berputar berarti ada kerusakan.

Baca juga: Dinamo Starter Bermasalah atau Tidak Bekerja Normal, Coba Cek Bagian Ini

Mencoba Memperbaiki Bendik Starter yang Rusak

  • Lepaskan semua soket yang terhubung dengan bendik starter
  • Jika sudah dilepas kabel-kabelnya, lalu bongkar body bendik tersebut
  • Bersihkan kutub/kaki-kaki yang ada di dalam bendik tersebut. Kalian bisa mengamplasnya dengan ukuran ampals yang lembut, biar tidak terlalu memakan kutub-kutubnya.
  • Di dalam bendik ada pegasnya, coba renggangkan pegas tersebut. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai merusak pengannya.
  • Jika sudah selesai membersihkanya, selanjutnya pasang kembali body atau kasing bendiknya. Trus tes bendiknya, apa kah masih berpungsi setelah dibersihkan tadi. 
  • Misalkan tidak mau juga berarti bendik tersebut rusak. Maka kalian harus menggantinya.
Catatan:
Jika kita pencet tombol starter ada bunyi cetak-cetak, itu artinya bendik starter masih baik. Kalau hanya ada bunyi ceta-cetak tersebut biasanya bermasalah di dinamo starter atau juga kondisi aki yang lemah.

Sekian dulu ya artikel tentang Cara Mengetahui dan Memperbaiki Bendik Starter yang Rusak , jika ada salah kata mohon maaf.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel