Wow: Air Buangan AC Bisa untuk Air Radiator

Manfaat air buangan bekas ac untuk mengisi radiator
Radiator Jupiter mx
Radiator merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan. Radiator berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar stabil.

Cara kerja radiator ini memanfaatkan cairan khusus yanga biasanya disebut Coolant Fluid. Namun, ada juga yang menggunakan air mineral atau air putih biasa untuk mengisi ruang radiator agar suhu mesin tetap terjaga di kisaran 90 derajat.

Dan sebagian orang juga ada yang menggunakan air buangan AC rumah untuk mengisi ruang radiator yang kosong. Ada yang mengatakan kalau air buangan AC lebih baik dari pada cairan lainnya. Lantas ini mitos atau fakta?

Baca juga: Daftar Kode Busi Denso untuk Motor (standar)

Menurut Ade, penggunaan air buangan AC untuk radiator dapat menjadi alternatif. Ia pun beranggapan air tetesan AC dapat dipakai tanpa campuran Coolant sekalipun untuk mendingnkan suhu mesin dengan syarat air buangan AC tersebut tersimpan dalam tempat yang benar-benar bersih, jika tidak kotorannya akan masuk ke ruang radiator.

"air Ac doang bisa, bagus kok itu. tidak perlu dicampur Coolant lagi," kata kepala bengkel Nissan-Datsun Depok tersebut.

Meskipun baik, untuk mendapatkannya sedikit sulit. apalagi kalau rumah kita tidak memiliki AC.

"Itu memang bisa digunakan dan kualitasnya baik, cuman di kita kan lebih repot aja kalau pakai air AC. Pengennya yang gampang buka keran terus pakai airnya untuk radiator," ujarnya.

Ia tidak membantah kalau air buangan AC dipakai untuk mengisi ruang radiator. Namun, ia menyarankan agar tetap menggunakan cairan yang sudah ditentukan , dalam hal ini Coolant.

Menurut dia, air buangan AC pasti terdapat debu atau partikel kecil lainnya yang dapat menyumabat lubang lubang kecil di saluran pendingin. "Itu menurut saya pastinya ada edapan-edapan debu atau partikel lainnya yang dapat menyumbat di lubang kecil," ucap Dolf.

Jadi, air buangan AC bisa digunakan untuk mengisi ruang radiator, dengan syarat air AC tersebut terbebas dari debu atau partikel kecil lainnya.

source: cnnindonesia

Baca juga: Teknologi Secure Key Shutter di Motor Honda

0 Response to "Wow: Air Buangan AC Bisa untuk Air Radiator"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel