Wiring Input Soket Maqs honda CBR150R

MAQS atau Modulated Air Quality Sensor merupakan sensor untuk menganalisa jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold. Di dalam MAQS ini sendiri terdapat TPS (Throttle Position Sensor), IAPS (Intake Air Pressure Sensor) dan IATS (Intake Air Temperature Sensor).

Sensor MAQS ini mengatur debit udara masuk sesuai input sensor-sensor lainnya. Dan sensor ini terletak di samping Throttle Body (TB).

Di bawah ini merupakan keterangan dari soket MAQS milik Honda CBR150R

 ,   Wiring Input Soket Maqs honda CBR150R
Keterangan:

  1. Kabel Putih - Biru, IATS, soket dilepas kontak on 3,xx volt
  2. Putih - Merah, Input dari ECM 5 volt
  3. Hijau - Coklat, Massa/Ground
  4. Kuning - Hitam, Output bukaan TPS
  5. Putih - Kuning, Sensor mao, soket dilepas kontak on 1,xx volt
Saat soket dipasang dan kontak mesin mati, IATS dan Sensor Map ada di 2,xx Volt.

Tips Membersihkan Throttle Body

Jika kalian melakukan pembersihan Throttle Body atau TB, harus berhati-hati dalam membersihkannya. Biasanya kan dalam membersihkan TB itu disemprot menggunakan cairan cleaner.

Saat menyemprotkan cairan cleaner ke TB  jangan asal semprot saja. Apalagi di area sensor MAQS ini, sensor ini sangat sensitif terhadap cairan pembersih atau bensin.

Alangkah baiknya saat melakukan pembersihan TB sensor MAQS ini dilepas dulu dari TB-nya, tujuannya biar sensornya tidak terkena cairan cleaner.

Semisal sensor MAQS-nya kena cairan cleaner atau bensin maka saat dipasang lagi bisa bikin langsam motor tidak stabil lagi. Biasanya rpm mesin bakal lebih tinggi.

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel