Mengenal CBS, Si Fitur Unggulan Milik Honda

CBS atau Combi Brake System merupakan salah satu fitur unggulan milik Honda dalam melakukan pengereman. Yang mana fitur ini merupakan penggabungan antara rem depan dan belakang, sehingga kalau melakukan pengereman bisa lebih optimal lagi.

Dengan fitur CBS ini kita cukup menekan tuas rem belakang saja maka tuas rem depan juga ikut bekerja disekian persen. Sehingga kita bisa melakukan pengereman dengan jarak yang lebih pendek dengan bobot pengereman yang seimbang antara rem depan dan belakang sesuai dengan kebutuhan pengereman.

CBS ini sendiri dipercaya dapat membantu pengendara pemula matic Honda melakukan pengereman dengan aman dan nyaman layaknya pengendara profesional.

Adapun cara kerja CBS atau Combi Brake System ini ialah

Ketika kita melakukan penekanan pada tuas rem belakang atau tuas sebelah kiri motor matic, maka equalizer gaya akan bekerja untuk mendistribusikan tenaga tekanan menjadi dua arah.

Arah yang pertama itu menuju ke rem pada roda belakang dan yang satunya lagi menuju tuas rem depan. Gunanya itu untuk menekan knocker yang mana knoker ini akan menekan piston hidrolik, yang kemudian akan bereaksi untuk mengaktifkan rem cakram depan.

Pada proses ini kekuatan pengereman akan terbagi secara otomatis pada kedua roda depan dan belakang.

Fitur CBS ini sudah ditananm pada beberapa tipe motor milik Honda, seperti Honda Vario CW 110 FI, Vario Techno 125, Vario 150, Honda BeAT, Genio CBS, Honda ADV CBS dan Scoopy CBS.

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel