Ciri-Ciri Kampas Kopling Habis

Kopling atau Clutch merupakan sebuah komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutus putaran mesin ke transmisi.
Ciri-Ciri Kampas Kopling Habis
Jupiter MX 2008 2S64
Pada kopling itu ada yang namanya plat kopling dan kampas kopling. Jika kampas kopling ini sudah menipis, maka daya cengkram terhadap plat kopling akan melemah dan tenaga mesin pun tidak akan tersalur dengan baik.

Adapun ciri-ciri kampas kopling mau habis adalah sebagai berikut:

Kecepatan dan Tenaga Menurun

Kecepatan dan tenaga biasanya akan menurun, padahal putaran mesin tinggi. Itu karena kopling tidak lagi bekerja dengan normal, soalnya kampas koplingnya sudah mau abis.

Akselerasi Berkurang

Karena daya cengkram kampas kopling yang berkurang, maka akselerasi juga akan berkurang.

Kendaraan Terasa Tertahan saat Dijalankan

Bisa dirasakan saat tuas kopling dilepas, kendaraannya rada nahan tidak langsung bergerak.

Suhu Mesin pada Sisi-Sisi Bak Kopling Cepat Meningkat

Dua komponen pada kopling (Kampas kopling dan plat kopling) yang bergesekan akan menimbulkan panas, itu karena koplingnya mau habis. Seingga suhu mesin pada sisi bagian bak kopling akan cepat meningkat.

Terasa Selip
Susah Mengoper Gigi
Suara Mesin Rada Kasar
Di Kick Starter Kadang Bisa Los
⤇ Menghadapi Tanjakan Susah

Baca juga: Daftar Diameter Piston Berbagai Motor

Adapun penyebab kampas kopling habis adalah karena usia pakainya atau  adanya kesalahan pemakaian. Semisal pemakaian kopling yang setengah-setengah, takaran oli jarang di cek.

Pada kopling tipe basah, kampas koplingnya harus terendam oli, kalaunya kurang maka kampas koplingnya akan cepat panas, karena kepanasan inilah yang akan menyebabkan kampas kopling cepat menipis.

Jikalau kendaraan kalian mengalami gejala seperti di atas maka segeralah lakukan penggantian komponen tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel