Ciri-ciri Busi Harus Diganti

Ciri-ciri Busi Harus Diganti
Busi


Seperti yang kita ketahui kalau busi merupakan komponen penting dalam kendaraan, karena punya peran untuk memicu terjadinya proses pembakaran di ruang mesin. Seperti part mesin lainnya, busi juga mempunya masa pakai.

Penggantian busi sendiri bisa dideteksi dengan melihat ataupun merasakan kondisi kendaraan kalian. Utuk itu simaklah ciri-ciri busi mulai bermasalah:

a). Mesin agak rewel atau susah untuk dihidupkan
Busi yang sudah mulai eror akan sedikit susah untuk memercikan api, maka hal tersebut akan menyebabkan mesin susah untuk dihidupkan. Maka cobalah dulu untuk menggati busi pada kendaraan anda yang jika susah untuk dihidupkan.

Baca juga: NGK MR8K-9 Busi Khusus Honda PCX

b). Kondisi mesin tidak normal saat idle
Suara mesin tidak halus ketika sedang posisi idle. Putaran mesin akan sedikit bergetarsaat posisi diam bahkan saat digapun akan terasa lebih berat.

c). Kurang responsif
Busi yang mulai error akan menyebabkan akselerasi berkurang dan tidak maksimal.

Baca juga: 6 Cara mengetahui Busi Asli atau Palsu

d). Warna busi mulai gelap
Percikan api yang tidak lagi normal akan menyebabkan pembakan tidak sempurna. Hal tersebut akan menimbulkan atau menyisakan kerak atau karbon dan akan menempel pada elektroda dan ujung isulator busi.

e). Bahan bakar akan lebih boros
Sebuah laporan dari National Institute For Automotive Service Excellence mengatakan kalau busi yang tidak lagi dalam kondisi baik akan mengurangi efisiensi bahan bakar sebanyak 30%. Itu artinya bahan bakar akan terasa boros.

Baca juga: Daftar Kode Busi Denso untuk Motor (standar)

0 Response to "Ciri-ciri Busi Harus Diganti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel