6 Cara mengetahui Busi Asli atau Palsu


Di Indonesia peredaran busi aftermarket sangat banyak dengan beragam merk dan tipe, harganya juga bervariasi. Dengan banyaknya busi aftermarket yang beredar maka konsumen harus lebih cermat lagi dalam memilih busi, karena tidak sedikit pula beredar busi-busi yang palsu.
baca juga: Busi BOSCH Iridium UR2CI30, XR5DI30, UR4AI30
Biasanya busi yang paling banyak diaplikasikan di motor atau mobil itu paling banyak ditiru. Untuk itu kalian para konsumen bisa membedakan mana busi asli atau busi palsu dengan 6 cara berikut ini:
  • Dilihat dari terminal nut, ulir pada busi asli akan terlihat lebih halus dibanding busi palsu.
  • Penulisan part number juga tersusun rapi dan teratur. pada umumnya penulisan pada busi palsu terlihat tiak rapi, tulisannya juga hitam dan tebal.
  • Selalu terdapat nomor lot produksi pada bagian hexagonal, nomor lot ini tidak ada pada busi palsu.
  • Pada busi asli ada gasket yang sulit dilepas, kalaunyapun bisa dilepas nanti gasket itu akan sulit dipasang lagi. Pada busi palsu ring atau gasket tersebut sangat mudah untuk dilepas maupun dipasang.
  • Dilihat dari material metal shell, pada busi asli metal shell-nya terbuat dari baja kuat dan tahan panas. Karena metal shell pada busi asli diproses plating Cr3 yang mampu tahan terhadap korosi dan warnanya lebih cerah. Pada busi palsu biasanya akan cepat pudar, serta metal sheel-nya pun mudah buram dan berkarat.
  • Dilihat dari ujung elektrodanya, tepat pada gap dan penyambung. Pada busi asli penyambungannya sangtlah rapi, sedangkan pada busi palsu itu sebaliknya.
Demikianlah tips cara mengetahui busi asli ataupun palsu. kalau ada salah kata mohon maaf, semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "6 Cara mengetahui Busi Asli atau Palsu"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel