Kapan Sebaiknya Melakukan Penggantian Busi Motor

Kapan Sebaiknya Melakukan Penggantian Busi Motor

Perawatan dan pengecekan pada busi sangatlah penting agar kondisi mesin tetap uptimal saat digunakan. Busi juga merupakan kompunen yang memiliki masa pakai. Maksudnya, dalam kurun waktu tertentu wajib diganti baru agar proses bembakaran campuran bahan bakar dan udara bisa terbakar maksimal.

Lalu bagaimana patokan yang pas dalam penggantian busi, apa dari jarak tempuh atau berdasarkan waktu pemakaian.

Baca juga: Mesin Motor tidak Menyala, Cek 3 bagian ini

Sebenarnya kedua patokan tersebut bisa jadi sumber referensi, lalu kita lihat kondisi pemakaian saja. Misalkan kondisi jalan seperti di Jakarata yang sering macet sehinnga mobi/motor lebih sering diam dibanding bejalan. Maka hal ini bisa diantisipasi dengan mengganti busi berpatokan pada waktu pemakaian.

Namun hal tersebut perlu juga dilakukan pengecekan terlebih dahulu, dan juga perlu diingan kondisi mobil/motor serta jenis busi yang digunakan. Semisal mobil/motor memakai jenis busi Iridium, maka itu jelas memiliki kemampuan (masa pakai) yang lebih dibanding busi standar. trus apakah kondisi mobil/motor sudah dimodifikasi atau masih standar.

jadi, sebaiknya penggantian busi dilakukan tidak harus berdasarkan jarak tempuh. Dan lakukanlah pengecekan busi kira-kira 3 sampai 4 bulan sekali. Jika dirasa memang sudah kurang baik lagi, maka segeralah lakukan penggantian jangan sampe mau nunggu jarak tempuh dulu, nanti takutnya rusak ditengah jalan.

Semoga artikel ini bermanfaat.
Baca juga:

0 Response to "Kapan Sebaiknya Melakukan Penggantian Busi Motor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel