10 Cara Agar Torsi dan Power Bertambah yang Akan Membuat Akselerasi dan Top Speed Motor Bertambah

10 Cara Agar Torsi dan Power Bertambah yang Akan Membuat Akselerasi dan Top Speed Motor Bertambah

Buat mengetahui top speed pakai gps
Ilustrasi

Hey guys, kali ini saya ingin berbagi beberapa tips agar motor standar punya kalian bisa bertambah akselerasi dan  top speed-nya.

Karena bagi sebagian orang mearasa kurang kalau speed motornya masih standar, apa lagi ketika kita asik jalan naik motor tiba-tiba di samping kita ada nyalip dan manas-manasin. Maka biasanya seketika jantung dak dik duk kencang dan ingin menyalipnya juga, karena emosi mendadak. Kalau kita bisa membalasnya biasanya ada rasa tersendiri ya kan :D lah gimana motor kalau kita tidak bisa menyalipnya? pasti kesel kan hehehe.

Sebenarnya itu tindakan yang kurang baik sih kalau dilakukan di jalan raya, karena selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan orang lain. Kalau-nya dilakukan di sirkuit mah silahkan saja.
Ok, langsung saja ya berikut ini saya bagikan beberapa cara agar top speed motornya bertambah kencang dari sebelumnya

1. Bore Up
10 Cara Agar Akselerasi dan Top Speed Motor Bertambah
Bore Up Jupiter mx

Sebelumnya saya sudah jelaskan apa itu Bore Up. Bore up sudah menjadi cara instan ketika ingin mendapatkan tenaga dan torsi yang lebih besar.

Jika tenaga dan torsi besar maka top speed dan akselerasi cepat didapat. Pasalnya jika kita melakukan bore up, maka campuran bahan bakar yang masuk akan lebih banyak dan otomatis daya ledaknya akan semakin besar yang berujung pada peningkatan tenaga dan torsi.

2. Menaikkan Rasio Kompresi
Rasio kompresi adalah perbandingan antara volume silinder ketika piston berada di titik terendah dengan posisi piston pada titik paling atas. Semakin tinggi rasio kompresinya maka akanmemperbesar Torsi dan efisiensi makin meningkat dengan jumlah bahan bakar yang sama. Ada beberapa cara untuk menaikkan rasio kompresi
  • memapas permukaan head mesin
  • menggunakan piston jenong 
3. Porting n Polish bagia Head
Caranya yaitu memapas atau menghaluskan lubang dinding bagian intake dan exhaust. Dengan peralatan khusus yang disebut bor tuner. Tujuannya adalah untuk memperbaiki efisiensi volumetrik. Usahakan kalau mau melakukan porting n polish lakukanlah kepada yang ahlinya, karena jika salah sedikit saja akan berakibat fatal. Bisa-bisa tenaga mesin jadi turun kalau salah melakukannya.

4. Noken As
Memodifikasi noken ori biasanya disebut papas noke as, yang dilakukan bisa mengubah lift dan durasi noken as tersebut. Usahakan kalau mau modif noken as kepada yang ahlinya. Karena kalau salah sedikit bisa bikin suara mesin berisik atau kalau mau pnp beli yang aftermarket saja, sekarang dah banyak dijual di toko-toko spere part.

5. Mengganti Per Klep
Gunakanlah per klep yang daya tekan dan ketahanannya lebih kuat dari sebelumnya, biar tidak terjadi Floating.

6. Memperbesar Ukuran Klep
Biar udara dan Bahan bakar lebih banyak masuk. Jika merubah ukuran klep usahakan klep usahakan kepada yang ahlinya.

7. Mengubah Final Gear
Menggati final gear yang misalkan sebekumnya final gear-nya 14:39 coba ganti 15:39, 14:37

9. Mengganti Koil
Biar pengapian stabil bisa pakai punya Yamaha YZ125, Honda Kharisma, Yamaha Scorpio Z

10. Menggati CDI/ECU (racing)
Menggati CDI/ECU usahakan part yang lain harus ditingkatkan seperti per klep. Misalkan memakai CDI/ECU racing dan per klep tidak digantio biasanya rawan terjadi Floating.

Itulah sedikit tips agar Tenaga, dan Torsi bertambah biar akselerasi dan top speed juga bertambah.
Sekian dulu dari saya salah hilap mohon maaf.

Baca juga; Fungsi Sekring pada Sepeda Motor, Mobil, dan dalam Rangkaian Listrik Lainnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel