Tips Agar Piston Mesin Awet

Tips Agar Piston Mesin Awet


Selamat pagi guys, gimana kabar kalian? Semoga pada happy ya. Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara agar piston mesin bisa awet.
Piston itu ibarat jantung dalam sebuah mesin, karena piston salah satu syarat terjadinya proses pembakaran diruang bakar. Piston ini bekerja naik turun di dalam silinder, baik diputaran rendah maupun cepat. Hal ini menyebabkan lamablama piston menjadi aus, apalagi kurang perawatan pada mesin cepat sekali aus-nya.
Piston

Piston itu ibarat jantung dalam sebuah mesin, karena piston salah satu syarat terjadinya proses pembakaran diruang bakar. Piston ini bekerja naik turun di dalam silinder, baik diputaran rendah maupun cepat. Hal ini menyebabkan lama-lama piston menjadi aus, apalagi kurang perawatan pada mesin cepat sekali aus-nya. Akibat dari piston aus seperti dibawah ini;

  • Tenaga mesin menurun
  • Panas mesin tidak normal
  • Busi cepat mati
  • Knalpot keluar asap putih
Untuk itu kita perlu perawatan agar piston mesin awet, biar pemakaian lebih lama dan tidak merogoh kocek banyak. Maksudnya misal perwatannya cuman membutuhkan uang 50-100 ribu per-bulan atau per sekian km. Dikarnakan tidak mau merawat, kita nantinya bakal merogoh kocek banyak karna piston aus.

Ok, langsung saja dibawah ini  ada beberapa tips agar piston biar awet.
Disiplin dalam mengganti oli mesin, jika kualitas oli sudah menurun terlalu encer. Maka mesin akan merasakan dampaknya, mesin jadi tidak sehat.
Ilustrasi

Oli
Disiplin dalam mengganti oli mesin, jika kualitas oli sudah menurun terlalu encer. Maka mesin akan merasakan dampaknya, mesin jadi tidak sehat.

Seperti pabrikan Honda pada pada umumnya proses penggantian oli sekitar 4000 km. Untuk motor baru mereka  menyarankan penggantian oli setiap 2 bulan atau 2000 km (tergantung dari intensitas pemakaian motor anda dan kondisi jalan yang anda lalui setiap hari).
Bahan Bakar
Pilihlah bahan bakar sesuai rasio kompresi. Gunakan yang oktan-nya tinggi, biar piston tidak berkerak.
Untuk mengetahui angka rasio kompresi berbagai motor kalian bisa baca di sini Rasio Kompresi Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki

Gaya Berkendara
Berkendaralah sesuai  karakteristik motor, jangan biasakan menarik tuas dalam-dalam karena ini memaksa mesin bekerja keras untuk menghasilkan tenaga besar. Itu tidak baik bagi mesin, dan itu bisa menyebabkan piston cepat aus.

Itulah beberapa tips agar piston awet, sekian dulu dari saya terimakasih. Kalau ada salah kata mohon maaf.

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel