7 Cara Menambah Top Speed Motor

Ingin Top Speed Motor Bertambah, Coba Lakukan Cara Ini

Hey guys salamat pagi menjelang siang, kali ini saya ingin berbagi tips atu cara agar topspeed dan performa motor bertambah. Karena sebagian orang merasa adanya kekurangan pada sepea motornya, terutama masalah pada performa motor-nya yang dianggap masih kurang dan merasa tidak puas dengan hal tersebut.
Logo topspeed
Hey guys salamat pagi menjelang siang, kali ini saya ingin berbagi tips atu cara agar top speed dan performa motor bertambah. Karena sebagian orang merasa adanya kekurangan pada sepea motornya, terutama masalah pada performa motor-nya yang dianggap masih kurang dan merasa tidak puas dengan hal tersebut.

Untuk yang suka kecepatan, ada beberapa aspek agar performa motornya lebih besar dari bawaan pabrikan. Agar performa motor bertambah lakukanlah beberapa hal berikut ini:

1. Porting dan Polish Lubang Intake dan Exhaust

Porting dan polish merupakan cara meningkatkan performa mesin dengan cara memapas atau menghaluskan dinding bagian dalam intake dan exhaust pada ruang bakar. Caranya adalah dengan menggunakan alat khusus yang disebut bor tuner.
Usahakan kalau mau memporting dan polish dilakukan oleh ahlinya, karena kalau tidak tepat dalam pengerjaan bakal bikin menurun performanya.

Baca juga: Daftar Diameter Piston Berbagai Motor, Update

2. Papas Head

Proses pemapasan atau bubut pada permukaan head. Proses ini dilakukan agar memadatkan dan menaikan rasio kompresi yang membuat motor lebih bertenaga.

Perlu diingat, proses pemangkasan head ini cukup berisiko. Proses ini membutuhkan perhitungan serta ketelitian yang matang dan tepat antara posisi head, boring, busi piston, dan klep agar tidak mengalami tabrakan.

3. Perbesar Ukuran Klep

Untuk mesin 4 tak, klep digunakan untuk proses isap dan buang pada ruang bakar.
Dengan diperbesarnya ukuran klep, maka mesin akan memiliki napas yang panjang serta lebih efisien dalam pembakaran.

4. Memajukan Timing Pengapian

Tujuan memajukan timing pengapin berguna untuk mempercepat proses pembakran, serta lebih efisien dalam pembakaran.

Baca juga: Daftar Kode Busi Denso untuk Motor (standar)

5. Bore Up 

Bore up artinya mengganti piston dengan piston berdiameter lebih besar. Tujuannya untuk meningkatkan performa mesin. Pabrikan motor juga banyak yang menyediakan piston pengganti ori dengan ukuran lebih besar, istilahnya Piston Oversize (os).
Bore up
Bore up artinya mengganti piston dengan piston berdiameter lebih besar. Tujuannya untuk meningkatkan performa mesin. Pabrikan motor juga banyak yang menyediakan piston pengganti ori dengan ukuran lebih besar, istilahnya Piston Oversize (os). Tapi biasanya hanya lebih besar sedikit saja dari standarnya, misal naik 0,5mm (os50) sampai 3mm (os300).

6. Menata Ulang Final Gear

Untuk menambah top speed anda bisa menggati final gear belakang dengan ukuran yang lebih kecil.

7. Rajin Melakukan Service 

Agar performanya tetap terjaga service lah mesin dengan rutin agar nyaman dipakai.
Diantarnya yang perlu dilakukan adalah:

  • Membersihkan karburator
  • Ganti oli tepat waktu
  • Ganti filter oli
  • Bersihkan busi, kalau perlu diganti jik sudah lemah
  • Bersihkan kerak pada klep, piston serta bagian head
Itulah sebagian cara agar motor kalian bertambah performanya dan dapat menambah top speed-nya. Sekian dulu dari saya kalau ada salah kata mohon maaf.
Baca juga: Cara Menambah Topspeed Motor Matic Mio Dengan Memodifikasi CVT atau Puly Cara Setting Karburator Kode Rantai Berbagai Jenis Motor
Top speed ojmx pakai aplikasi di android

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel