6 Hal yang Bisa Bikin Ban Cepat Botak atau Aus

6 Hal yang Bisa Bikin Ban Cepat Botak atau Aus
Ilustrasi
Pernahkah kalian mengalami ban motornya cepat aus atau cepat botak, padahal usia pemakaiannya masih belum terlalu lama. Jika pernah mengalami hal tersebut biasanya banyak hal yang memicu cepatnya ban mengalami ke-ausan atau umurnya jd pendek.

Pada umumnya pemakaian ban bisa bertahan 1-2 tahun atau 10-15 ribu km dengan pemakaian normal. Lalu bagaimana dengan permukaan ban yang cepat aus atau botak padahal umur bannya cuman beberapa bulan saja. Untuk itu simaklah beberapa faktor di bawah yang menyebabkan ban cepat aus atau botak:

a). Kurang Perawatan
Perhatiikanlah kebersihan bannya, terlebih setelah melewati permukaan jalan yang yang notabene dengan kondisi beragam. baik itu aspal yang panas akibat terik matahari, berpasir, melibas jalan yang berlumpur yang mungkin saja adanya zat-zat kimia yang bisa memicu daya tahan material ban jadi berkurang, misal pada sisi elastisitasnya. Oleh karena itu rajin-rajinlah menjaga kebersihan ban.

Baca juga: Diagram Kelistrikan Honda Beat FI non eSP

b). Kebiasaan Melakukan Hal yang Buruk
Semisal berkendara dengan ban yang tekanan anginnya kurang, sehinga bidang kotak dan gesekan ban pada permukaan jalan jadi lebih besar. Kadang juga ada yang suka bawa barang oveload, sehingga kinerja ban makin berat. Contoh lain yang melakukan kebiasaan buruk saat berkenmdara ialah melakukan burnout ban, sliding-sliding (ngesot) di aspal dan aksi lainnya yang membuat ban akan bekerja lebih ekstream. Jika hal tersebut maka akan membuat masa pakai ban akan cepat berkurang atau akan lebih pendek umurnya dan yang pasti jangan dilakukan jika itu tidak bermanfaat buatmu.

c). Material Ban
Setiap produsen ban mempunya kiat dan racikan masing-masing dalam menghasilkan produknya. Hal itu tentu didasari pula pada segmentasi pasar dan market yang akan dituju. Maksudnya semua produk itu sudah didesain dan dibuat sesuai kebutuhannya, terutama konsennya adalah dari segi harga.

Setiap ban itu mempunyai spesifikasi yang berbeda, misalkan desainya, material karet, material campuran dan lainya itu semua sudah pasti komposisinya berbeda antara tipe satu dengan yang lainnya.

Karena komposisi material berbeda-beda maka daya tahan pun juga berbeda-beda pula. Biasanya yang harganya agak tinggi itu material yang dipake di bantersebut lebih baguslah hehehe.

d). Tahun Produksi
Ban diracing dari berbagai material, selain bahan dasar karet ban juga ada tambahan material lain sebagai pencampur. Maka suatu ban akan ada batas waktunya. Jika sudah melewati abatas waktu yang sudah ditentukan maka ban akan mengalami perubahan struktur materialnya misal karetnyta akan mengeras.

Pada sebuah ban ada kode produksinya, contoh 1318, artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke-13 dan tahun2018.

Harus diingat kalau tiap merek dan tipe ban memiliki masa tayang yang berbeda-beda. Kalau berkaca dari standar Nasional Indonesia (SNI) untuk batas klaim umur ban tidak lebih dari 2 tahun dari lot produksi.

Baca juga: Daftar Diameter Piston Berbagai Motor

e). Faktor "X"
Biasanya  kesalahan yang sering terjadi saat di toko penjual. Karena kalau dari pabrikannya, sudah ada SOP tersendiri. Terutama dalam proses penyimpanan dan penataan.  Gudang yang sirkulasi udaranya kuerang baik (Panas atau pengap) atau pun penyusunan yang asal-asalan dalam waktu yang lama, bisa mempengaruhi struktur dan daya tahan material ban menurun. Misalkan karet ban akan mengeras, bahkan adanya retak-retak halus.

Kalau tidak teliti dalam membeli bisa saja nanti kalau setelah dipasang ban akan mudah aus atau botak, bahkan bisa saja meledak atau sobek.

f). Faktor Pemaksaan
Biasanya penggunaan ban yang tidak sesuai dengan kebutuhannya. Seperti memakai ban yang profilnya kekecilan atau ban cacing, biasanya yang digunakan buat kontes malah dipakai buat harin. Belum lagi memakai ban racing atau soft compound untuk harian, bukan kah itu kurang bagus. Dari segi grip dan kenyamanan bagus sih. Tapi, dari segi umur kurang, namanya juga ban yang soft compound.

Nah itulah 6 hal yang bisa menyebabkan ban motor akan cepat aus. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga:  Fungsi Sekring pada Sepeda Motor, Mobil, dan dalam Rangkaian Listrik Lainnya

0 Response to "6 Hal yang Bisa Bikin Ban Cepat Botak atau Aus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel