Wow, di Malaysia Helm Wajib Punya QR Code Demi Cegah Pemalsuan Standar Keamanan

Wow, di Malaysia Helm Wajib Punya QR Kode Demi Cegah Pemalsuan Standar Keamanan
qr-code

Di Malaysia pemerintahnya memiliki terobosan baru dalam hal keamanan pengenmdara dalam menggunakan helm. Di Negeri Jiran tersebut membuat peraturan kalau sebuah helm harus dilengkapi dengan QR code untuk memastikan standar keamanannya.

Helm yang dijual di Malaysia mulai tahun 2019 harus memiliki QR code. Adanya penggunaan QR code ini bertujuan untuk memastikan bahwa sebuah helm itu asli dan memenuhi standar keselamatan Malaysia.

Baca juga: Mengenal Sistem Traction Control pada Mobil

Bagi para pengguna ataupun pembeli helm bisa mengecek keaslian helm tersebut menggunakan aplikasi SIRIM QAS yang bisa di download via App Store dan Google Play. 

Tak hanya QR kode, helm di sana juga ditempeli stiker yang berisi fitur keamanan lainnya seperti UV sensitive printing, teks mikro, pola Guillouche. Pola Guillouche ialah pola untuk mencegah pemalsuan.

Kata Dirjen Departemen Transportasi jalan raya Malaysia, Datuk Seri Shaharuddin "Siapapun yang mengimpor helm sepeda motor ke Malaysia, apakah itu untuk koleksi atau penjualan maka harus memastikan helm memenuhi persyaratan yang relevan.

Baca juga: Arti Kode SAE, JASO, dan API pada Kemasan OLi

Bagus juga ya peraturannya, semoga dengan adanya peraturan macam itu selalu memberi nilai positif bagi pembeli helm tersebut.

0 Response to "Wow, di Malaysia Helm Wajib Punya QR Code Demi Cegah Pemalsuan Standar Keamanan"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel